Harga Menentukan Kualitas

Posted on 10:03 PM by
"Harga menentukan kualitas", sebuah slogan yang lahir dari produk-produk yang ada di masyarakat. Namun apakah slogan tersebut layak disematkan di dunia pendidikan? Terlebih lagi dunia perguruan tinggi?

Ada beberapa kampus mengatakan, "kampus kami berkualitas, maka untuk menjaga dan meningkatkan kualitas ini diperlukan dana yg cukup besar. Karena dana yg terkumpul tsb digunakan utk kepentingan peningkatan kualitas". Sungguh pernyataan tsb persis dg slogan di atas, "Harga menentukan kualitas".

Bagaimana mungkin, seharusnya negara dalam hal ini harus menyediakan pendidikan yang berkualitas, namun seperti berlepas tangan dan menyerahkan dunia pendidikan dijadikan spt dunia bisnis. "Harga menentukan kualitas" itu lahir dari dunia bisnis. Ini sama saja, negara mengatakan, "jadikanlah dunia pendidikan seperti dunia bisnis".

Sehingga jangan salah, orang yang terlahir dari dunia pendidikan kampus pun akan berpikiran begitu tatkala memangku jabatan, "Jadikan negara ini sebagai dunia bisnis". Karena mereka menganggap bahwa saat kuliah mereka disedot dan ditekan oleh kebijakan-kebijakan bisnis, bukan merasakan kebijakan pendidikan. Murah dalam pendidikan sekarang, mustahil. Mainstream kapitalisme telah merasuk dalam segi paling inti di negeri ini yaitu pendidikan.

Maka tidak salah, wacana pembuatan UU ttg kapitalisme pendidikan pun hanya sebatas angin lalu, tak ada efek. Solusi nyata, yaitu rubah mainstream sistemnya. Pertanyaannya, sistem yang seperti apa yang mampu merubah itu semua?

Apakah sistem yang masih sama, yaitu Kapitalisme? Atau sistem Sosialisme yg sdh terbukti hancur? Atau sistem yang pernah mencetak generasi penemu dan ilmuwan dunia yaitu Islam?

Jelas, fakta membuktikan Islam lah yang pernah mencetak para ilmuwan dan penemu yang mainstream berpikirnya bukan untuk "Jadikan negara ini sebagai dunia bisnis". Karena sistem Islam mencetak ilmuwan yang berpikir, "akan saya kuasai dunia demi tegaknya Islam"

0 komentar:

Posting Komentar