Disiplin Ilmu Dan Bidang Minat Dalam Komputer

Posted on 10:52 PM by


Kebanyakan dari para profesinal komputer (Computer Scientist) berasal dari dari lulusan matematika, ilmu komputer, dari jurusan yang masih terkait. Sehingga bisa disebut Computing merupakan sebuah disiplin ilmu yang telah menarik banyak kalangan baik itu dari matematika, sains, teknik maupun bisnis. Dikarenakan banyaknya bidang minat yang terdapat di dalam Computing, menyebabkan sulitnya seseorang untuk menjadi ahli di sebuah bidang minat. Oleh karena itu, di dalam Computing disediakan banyak pilihan bidang minat, sehingga seseorang bisa fokus dengan bidang yang akan digelutinya hingga benar – benar mahir.
Di bawah ini akan ditampilkan gambaran tentang prospek antara disiplin ilmu dan bidang minat:



Relationship between computing degrees and university colleges and department

Di bawah ini akan digambarkan secara singkat tentang masing – masing jurusan:
1.        Computer Science (Ilmu Komputer)
Ilmu komputer merupakan disiplin ilmu yang pembahasan topiknya sangat luas, mulai dari teori dan dasar – dasar algoritma untuk merencang dan membuat sebuah sistem. Untuk lebih mudahnya bisa dikelompokkan menjadi 3 kategori:
Ø Merancang dan mengimplementasikan software yang bermanfaat.
Ø Membuat terobosan dalam dunia komputer.
Ø Memecahkan permasalahan dengan jalan yang efektif.
Untuk jurusan Computer Science lebih banyak di teori, programming dan matematika. Yang mana ini meningkatkan kemampuan integral dan logika untuk menjadi computer scientist (ahli komputer).

2.        Computer Engineering (Teknik Komputer)
Teknik komputer lebih konsen terhadap mendesain dan membangun konstruksi komputer serta sistem dasar komputer. Dalam jurusan ini, lebih banyak belajar tentang hardware, software, komunikasi dan interaksi antara kedua komponen tersebut dan merupakan perpaduan antara Teknik Elektronika dengan Ilmu Komputer.
Prospek untuk lulusannya mampu menjadi developer software dan hardaware seperti cell phones, digital music players, alarm systems, medical diagnostic devices, laser surgical tools, dll.

3.        Information Systems (Sistem Informasi)
Sistem Informasi lebih berfokus pada menggabungkan teknologi ke dalam sistem oraganisasi seperti bisnis dan management informasi sistem secara efektif dan aman. Dewasa ini sistem informasi lebih terfokus kepada prinsip bisnis dan aplikasi teknologi, sehingga sedikit sekali membahas tentang teori dalam ilmu komputer atau desain digital pada teknik komputer.

4.        Information Technology (Teknik Informatika)
Jurusan IT di dalamnya mempersiapkan siswanya mampu untuk mengembangkan teknologi komputer untuk bisnis, pemerintahan, kesehatan, pendidikan maupun lainnya. Selain itu jurusan IT juga membahas tentang teknologi, informasi, teori, dan bagaimana merancang hardware maupun software. Sehingga prospek untuk lulusan jurusan IT sangat banyak seperti mampu mengembangkan bisnis, networking, developer software and hardware, system integrations, perencanaan sumber daya.

5.        Software Engineering (Teknik Software)
Software Engineering (SE) merupakan disiplin ilmu yang konsen untuk mengembangkan dan memperbaiki sistem software yang besar. SE menggabungkan teori dalam ilmu komputer dan matematika dengan membangun sistem berorientasi objek. SE dalam pembelajarannya lebih berfokus pengembangan software dan perbaikan sistem. Maka dalam kenyataan di lapangan, prospek lulusan SE banyak yang menjadi developer software.

0 komentar:

Posting Komentar