Komputer Untuk Karir (Bagian 1)

Posted on 10:32 PM by



Tidak bisa kita pungkiri, sejak era tahun 1982 yang disebut dengan era Millennials telah melahirkan sebuah keadaan yang membuat kita melakukan segala aktifitas secara mudah, menyenangkan, aman, dan penuh dengan kecermatan dalam dunia komputerisasi. Ya benar, era dunia komputer telah melahirkan sebuah kemudahan dalam komunikasi dan hiburan elektronik. Sehingga, layaklah kita bangga dan mampu memanfaatkan kefantastikan era dunia komputer ini.
Bagaimana kita tidak bangga, segala sesuatu telah dibuat dengan sangat mudah dan simpel. Bahkan semua masalah yang kita hadapi, baik itu masalah di dalam dunia pendidikan, kesehatan, pemerintahan, bisnis, industri dan sebagainya, mampu diatasi dengan menggunakan teknologi komputer. Inilah perkembangan teknologi yang berperan sebagai “solving problems”.  Teknologi yang mampu memecahkan segala permasalahan.
Melihat perkembangan dunia komputer yang sangat pesat, maka lahirlah yang namanya Computer Science (Ilmu Komputer). Ilmu komputer merupakan sebuah ilmu yang bukan hanya mencari solusi terhadap segala permasalahan (finding solutions to problems) melainkan juga tentang penggunaan perangkat (hardware) maupun bahasa pemrograman (programming language). Sehingga, para ilmuwan/ahli komputer (Computer Scientist) harus mampu berpikir kreatif dan inovatif. “Thinking outside the box”. Berpikir secara terbuka dan penuh harapan.
Dengan adanya ilmu komputer dan para ahli komputer ini, maka inovasi, perbaikan dan perkembangan komputer dari waktu ke waktu semakin sempurna dan canggih. Proses menuju kearah perbaikan inilah yang sedang kita rasakan sekarang, bagaimana tidak. Kita sangat senang sekali saat bekerja dan menjalani hidup ini dengan ditemani sebuah teknologi komputer. Maka sekarang munculah istilah “Virtual World”. Virtual World merupakan efek dari perkembangan dunia komputer, yang mampu membuat dunia nyata kamu seolah-olah sudah dalam genggaman tangan menggunakan teknologi canggih komputer. Namun alangkah baiknya kita sedikit mengetahui sekilas sejarah tentang perkembangan dunia komputer.
Frederick P. Brooks, seorang yang terkenal sebagai penggagas perusahaan Operating System (selanjutnya disebut OS) IBM System 360, telah menuliskan sebuah buku “The Mythical Man Month-Essay on Software Engineering” pada tahun 1970an. Sebuah buku yang telah merubah dunia komputer hingga saat ini. Selain bukunya itu, ada sebuah tulisan essay dirinya yang mendukung bukunya, yang berjudul “Joys of the Craft”. Di dalam buku itu dituliskan hal – hal sebagai berikut:
1.      Sheer joy of making things of your own design.
2.      Pleasure of making things that are useful to and respected by other person.
3.      Joy of fashionung complex puzzle-like entities into a system that working correctly.
4.      Joy of always learning because of the non-repetitive nature of the work.
5.      Joy of working with very tractable medium.
Sehingga dari tulisan buku maupun essay beliau, para programmer mampu termotivasi untuk berimajinasi dan membuat sebuah program komputer yang dapat dinikmati dengan mudah dan murah. Wouldn’t the sculptor or civil engineer enjoy such easy tractability!


0 komentar:

Posting Komentar